About Me

Monday, May 9, 2011

RPP PPL Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar


                                    Nama Sekolah             :
                                    Tema                           : Tempat Umum
                                    Mata Pembelajaran      : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester            : III / 1
                                    Alokasi Waktu             : 2 x 35 menit (2 jam pelajaran)
                                    Hari/ tanggal                :
                                    Jam ke                        :


Standar Kompetensi
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.

Kompetensi Dasar      
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

Indikator                     
4.1.1 Merangkai kata menjadi kalimat dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
4.1.2 Menyusun  kalimat menjadi paragraf dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
4.1.3 Melengkapi cerita berdasarkan gambar dengan memperhatikan penggunaa ejaan.

A. Tujuan                                     
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan mengerjakan latihan, siswa dapat:
1.      Membaca paragraf dengan intonasi yang tepat.
2.      Menyusun paragraf berdasarkan kalimat yang disediakan dengan penggunaan ejaan yang tepat.
3.      Melengkapi cerita dengan menggunakan ejaan yang tepat.
4.      Membaca paragraf dengan lafal yang jelas
5.      Menyusun kalimat dengan penggunaan ejaan yang tepat.

B. Materi Pokok
Kalimat adalah susunan dari beberapa kata yang menimbulkan arti. Dalam wujud lisan, kalimat diiringi alunan titinada, dijeda, dan diakhiri dengan intonasi selesai. Dalam wujud tulisan, kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!).
Tanda Baca
1.      Penggunaan tanda titik (.) pada akhir kalimat
ð  Tanda titik digunakan pada akhir kalimat berita.
2.      Penggunaan tanda koma (,)
ð  Tanda koma digunakan diantara kata dalam pemerincian atau pembilangan.
3.      Penggunaan huruf kapital
ð  Huruf kapital digunakan untuk menuliskan huruf pertama pada awal kalimat.
ð  Huruf kapital digunakan untuk menuliskan nama orang atau nama tempat.
Paragraf adalah bagian suatu karangan yang mengandung satu ide pokok dan penuliasannya dimulai dengan baris baru atau alinea baru.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
2. Metode : ceramah, penugasan

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan PraKBM (5 menit)
a.       Membersihkan papan tulis
b.      Presensi
c.       Cek kesiapan belajar
2 . Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi:
“Anak-anak, siapa yang pernah menulis?”
“…”
“Menulis apa?”
“….”
“Nah, rangkaian kata-kata yang kalian tulis itu disebut kalimat.  Hari ini kita akan belajar mengenai kalimat.”

3 . Kegiatan Inti (55 menit)
a.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi kalimat, ejaan, dan paragraf.
b.      Siswa secara aktif merangkai kata menjadi kalimat.
c.       Siswa membahas hasil pengerjaan secara bersama-sama dengan bimbingan guru.
d.      Siswa secara aktif menyusun kalimat menjadi paragraf dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
e.       Siswa membacakan hasil pekerjaan untuk dibahas bersama-sama dengan bimbingan guru.
f.       Siswa mendapat kesempatan bertanya.
g.      Siswa mengerjakan soal sebagai evaluasi.
h.      Siswa menyimpulkan hasil pelajaran yang telah dipelajar dengan bimbingan guru.

4.      Kegiatan Akhir (5 menit)
a.       Siswa mendapat PR dari guru.
b.      Siswa mendapat motivasi positif dari guru.

E.     Penilaian
1.      Betuk test                    : Essay
2.      Jenis test                      : Tertulis
3.      Instrumen test             : Soal (terlampir)
4.      Skor                             : skor maksimal 100.

F.     Kriteria Penilaian
Penilaian kepenulisan
No.
Nama
Kerapian
Penggunaan ejaan
Keruntutan kalimat
Ketepatan isi

























Penilaian afektif
No.
Nama
Keaktifan
Perhatian
Kesopanan
Kerapian penampilan


























G.   Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat
Kartu kalimat.
2.      Sumber
a.       Kurikulum Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar tahun 2006
b.      Indriani,dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SD kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
c.       Darmadi, Kaswan, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen  Pendidikan Nasional.

Yogyakarta,............................
Guru Kelas


.....................................
NIP................................
Praktikan


....................................
NIM. ............................





























SKENARIO PEMBELAJARAN
GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM
PEMBELAJARAN



No.

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

1.
Guru Mengucapkan salam, berupa “Selamat pagi anak-anak”
Siswa membalas salam dari guru yakni “selamat pagi Bu Guru”
2.
Guru memeriksa persiapan siswa dengan bertanya “Apakah Kalian Sudah Siap belajar Bahasa Indonesia?”
“Kalau siap belajar, berarti bukunya dikeluarkan”.
Siswa menyiapkan buku sambil menjawab “Sudah Bu Guru”

Misal jawaban siswa “baik bu guru”.
3.
Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pada siswa “Siapa yang sudah pernah membaca buku cerita?”
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
4.
Guru memberikan penjelasan menge-nai kalimat, penggunaan ejaan, dan penyusunan paragraf.
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama
5.
Guru memerintah siswa mengerjakan latihan untuk merangkai kata menjadi kalimat.
Siswa mengikuti perintah dari guru.





6.
Guru berkeliling melakukan bimbingan.
Siswa mengerjakan latihan.
7.
Guru membimbing membahas hasil latihan.
Siswa secara aktif membacakan hasil latihan dan membahasnya bersama-sama.
8.
Guru meminta siswa menyususn kalimat menjadi paragraf di buku latihan.
Siswa mematuhi perintah guru.
9.
Guru berkeliling melakukan bimbingan.
Siswa mengerjakan latihan.
10.
Guru membimbing membahas hasil latihan.

Siswa secara aktif membacakan hasil latihan dan membahasnya bersama-sama.
11.
Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa.
Siswa yang ingin bertanya mengangkat tangan kemudian memperhatikan penjelasan guru.
12.
Guru memberikan latihan pada siswa sebagai post test.
Siswa mengerjakan post test pada buku latihan.
13.
Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran.
Siswa secara aktif menarik kesimpulan berdasarkan pada pertanyaan pancingan dari guru.
14.
Guru memberikan tugas rumah pada siswa untuk mengerjakan latihan pada buku.
Siswa mematuhi perintah guru.
15.
Guru memberikan motivasi, Misalnya
“Kalian jangan lupa belajar dan tetaplah semangat”.

Guru mengucapkan salam penutup yakni “Selamat pagi anak-anak”
Siswa mendengarkan guru dan menjawab,
 “Siap bu”

“Selamat pagi bu”






















KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN



A.    Kegiatan Eksplorasi
1.      Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pada siswa tentang cerita yang pernah dibaca dan terdiri dari apa saja cerita tersebut.
2.      Beberapa siswa menjawab sesuai dengan opini mereka (Pengenalan awal/prakonsepsi siswa)

B.     Kegiatan Elaborasi
1.      Siswa menyimak penjelasan dari Guru mengenai merangkai kata menjadi kalimat, penggunaan ejaan, dan penyusunan kalimat menjadi paragraf.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa menyusun kalimat menjadi paragraf dengan benar
3.      Siswa diberi motivasi oleh guru utuk rajin belajar
4.      Siswa diberi tugas pekerjaan rumah (PR)

C.    Kegiatan Konfirmasi
1.      Guru dan siswa saling tanya jawab mengenai materi pelajaran yang sudah dilaksanakan
2.      Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan.

No comments:

Post a Comment