About Me

Monday, May 9, 2011

Penelitian Ekspos Fakto (Expost Facto Research)


Menurut Fred N Kerlinger (1993: 483), desain penelitian adalah suatu atau rencana dan terstruktur penyelidikannya yang disusun sedemiklian rupa sehingga peneliti akan memperoleh jawaban-jawaban untuk pertanyaan penelitian. Rencana juga diartikan sebagai skema menyeluruh mencakup program penelitian, yaitu paparan mengenai hal-hal yang dilakukan dalam penelitian mulai dari penulisan hipotesis sampai pada penulisan analisis-analisis akhir terhadap data.
Selanjutnya, dapat dinyatakan pula bahwa desain penelitian mempunyai maksud atau kegunaan yaitu menyediakan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian untuk mengontrol atau mengendalikan varian. Desain penelitian dalam penelitian yang tidak dimanipulasi dinamakan desain ekspos fakto. 
Nana Syaodih Sukmadinata (2006: 55) menyatakan penelitian ekspos fakto (expost facto research) meneliti hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi perlakuan (dirancang dan dilaksanakan) oleh peneliti. Penelitian ekspos fakto dilakukan terhadap program, kegiatan yang telah berlangsung atau telah terjadi. Penelitian ekspos fakto tidak ada pengontrolan variabel dan biasannya tidak ada pra tes

No comments:

Post a Comment